Cara mengatasi “wermgr.exe – Application Error” di Windows

Di salah satu komputer yang saya tangani kadang muncul pesan error dari aplikasi wermgr.exe atau Werfault.exe, kedua pesan kesalahan ini menampilkan informasi yang sama cuma beda aplikasinya saja. Kalau dibiarkan memang tidak terjadi apa – apa, tapi akan muncul kembali secara rutin kalau tidak diatasi.
Error ini secara lengkap akan seperti berikut isi peringatannya:
wermgr.exe – Application Error
The instruction at 0xfcf21420 referenced memory at 0xfcf21420. The memory could not be written.
Click OK to terminate the program
Catatan : isi errornya biasanya sama baik dari wermgr.exe atau Werfault.exe, jadi solusinya juga akan sama.
Error ini berarti ada pada bagian tertentu pada memori komputer yang tidak bisa ditulis, ini bisa berarti ada kerusakan pada RAM anda atau bagian tersebut sedang digunakan oleh aplikasi lain sehingga tidak dapat diambil alih. Werfault.exe dan wermgr.exe berasal dari service yang sama yaitu Windows Error Reporting, fungsinya adalah untuk melaporkan adanya error di Windows.
Solusinya? Matikan saja layanan Windows Error Reporting Service ini.

Cara mematikan layanan Windows Error Reporting

Menonaktifkan laporan error Windows ini aslinya cukup mudah, pertama bukalah terlebih dahulu dialog Run di Windows dengan menekan tombol Windows + R. Ketikkan services.msc dan tekan Enter.
windows-7-run-services-msc
Geser halaman service Windows sampai menemukan Windows Error Reporting Service kemudian lakukan double clik atau klik kanan dan tekan Properties.
windows-7-services

Pada properties dari Windows Error Reporting Service ini ubah Startup Type ke Disabled untuk mematikannya, atau anda juga bisa menghentikannya dengan menekan tombol Stop.
windows-7-windows-error-reporting-service-properties
Jangan lupa klik Apply dan OK untuk menerapkan modifikasi terhadap layanan pelaporan error Windows ini. Sekarang jendela peringatan error wermgr.exe dan Werfault tidak akan muncul kembali di komputer anda. Kalau anda membutuhkan Windows Error Reporting Service cukup balik proses mematikannya.

Menghentikan Windows Error Reporting Services lewat command prompt

Kalau anda tidak bisa mengakses services.msc coba manfaatkan command prompt Windows untuk mematikan prosesnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengetik net stop wersvc seperti gambar dibawah.
windows-7-command-prompt-net-stop-wersvc
Secara pribadi sih saya tidak pernah menyalakan layanan Windows Error Reporting ini, karena yang dilakukannya adalah melaporkan error yang terjadi pada komputer anda ke Microsoft. Karena tidak ada efek positif langsung pada masalah yang dialami komputer saat terjadi error saya menyimpulkan hal ini kurang berguna. Kalau dimatikan selain masalah ini teratasi juga memori dan prosesor yang terpakai akan sedikit berkurang.

Cara mengatasi “wermgr.exe – Application Error” di Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 komentar:

Post a Comment