Menjalankan XAMPP Yang Bentrok Dengan Program Lain Secara Bersamaan Pada Localhost

Beberapa hari ini saya lagi pengen mencoba belajar SQL Server. Bukan karena rajin, tapi karena tuntutan. Hehe… Setelah mengikuti tutorial yang telah saya download sebelumnya, mulailah saya mengatur dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan SQL Server. Yang pasti untuk menjalankannya dibutuhkan IIS (Internet Information Service). Atau kalau saya menyebutnya XAMPP nya Microsoft.
Setelah melakukan beberapa uji coba, semua berjalan lancar. Tapi, beberapa hari setelah itu saya ingin mengakses web yang juga sedang saya oprek-oprek, tentunya web yang berbasis PHP. Tapi, Apache pada XAMPP saya tidak dapat berjalan dengan baik. Sesaat setelah menjalanakn Apache, tiba-tiba servicenya berhenti. Setelah saya check Port yang ada, ternyata Port 80 yang biasa digunakan oleh Apache digunakan oleh IIS. Sehingga port 80 tersebut bentrok antara service IIS dengan Apache. Satu-satunya jalan yaitu mengubah salah satu port service tersebut.
Pada artikel ini saya mencoba untuk berbagi artikel bagaimana mengubah port Apache pada localhost agar tidak bentrok dengan port IIS :
Langkah 1 : Buka file httd.conf yang terletak pada direktori xampp\apache\conf\ menggunakan Teks Editor seperti Notepad atau yang lainnya. ubahlah ;

#Listen 0.0.0.0:80
#Listen [::]:80
Listen 80 
menjadi
#Listen 0.0.0.0:8080
#Listen [::]:8080
Listen 8080
selanjutnya
ServerName localhost:80
menjadi
ServerName localhost:8080


Langkah 2 : Buka file httpd-ssl.conf yang terletak pada direktori xampp\apache\conf\extra\ menggunakan Teks Editor seperti Notepad atau yang lainnya.
ubahlah :

#Listen 0.0.0.0:443
#Listen [::]:443
Listen 443
Menjadi :
#Listen 0.0.0.0:4499
#Listen [::]:4499
Listen 4499
Selanjutnya ubahlah :

<VirtualHost _default_:443>
Menjadi  :
<VirtualHost _default_:4499>
Kemudian ubahlah :
ServerName localhost:443
Menjadi :

ServerName localhost:4499
Pada contoh ini, semua port 80 dan 443 yang sebelumnya digunakan pada XAMPP diubah menjadi port 8080 dan 4499. Jadi, untuk dapat mengakses localhost XAMPP, kita harus mengetikkan http://localhost:8080/. Sekarang, komputer saya bisa menjalankan IIS dan XAMPP secara bersamaan.

Menjalankan XAMPP Yang Bentrok Dengan Program Lain Secara Bersamaan Pada Localhost Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

1 komentar: