Solusi Merubah Partisi GPT menjadi MBR Agar Data Tidak Hilang

Cara yang saya lakukan untuk merubah ke partisi MBR tanpa kehilangan data.

1. Siapkan flashdisk dan koneksi internet, karena kita membutuhkan software pihak ketiga, yaitu MiniTool Partition Wizard atau AOMEI Partition Assistant. yang akan kita download dan masukkan ke flashdisk sebagai bootable USB Flash Drive. Anda bisa mencarinya di internet.

2. Buat bootable USB Flash Drive yang berisi MiniTool Partition Wizard atau AOMEI Partition Assistant format ISO hasil unduhan tadi menggunakan software Rufus atau bisa juga menggunakan Yumi. Pilih salah satu aja ya. Anda bisa mendownload sofware Rufus dan Yumi 

Caranya buka Rufus > otomatis kolom device memilih drive flashdisk anda > klik kotak ISO Image > pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard > klik file ISO nya > klik Open > lalu pilih start.

3. Setelah jadi USB bootablenya, tancapkan pada laptop yang akan dirubah partisinya. Jadikan USB Flash Drive pada urutan boot pertama.

4. Jika sukses maka program MiniTool Partition Wizard akan terbuka > pilih urutan pertama ' MiniTool Partition Wizard Boot Disc.

5. Berikutnya akan muncul tampilan utama program ini > pilih hardisk yang akan anda rubah partisinya menjadi MBR (ingat pilih pada hardisk bukan partisinya) > klik Convert GPT disk to MBR disk > klik Apply > tunggu proses selesai.

Catatan: aplikasi MiniTool Partition Wizard maupun AOMEI Partition Assistant tidak hanya bisa merubah partisi hardisk dari GPT ke MBR, tapi bisa sebaliknya, yakni merubah partisi hardisk dari MBR ke GPT. Selain itu sofware ini juga mampu mengconvert partisi dari FAT ke NTFS atau sebaliknya, yaitu NTFS ke FAT. Dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya.

6. Terakhir restart laptopnya, sekarang siap untuk proses instalasi windows seperti biasa.

Solusi Merubah Partisi GPT menjadi MBR Agar Data Tidak Hilang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

1 komentar:

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete