EXCEL MEMASUKKAN NILAI YANG BERBEDA-BEDA DALAM SATU KOLOM

Jika anda ingin memastikan bahwa nilai yang dimasukkan dalam satu kolom tertentu berbeda-beda satu dengan lainnya (misalnya data faktur penjualan selama sebulan atau data nomor penduduk, atau data nomor mahasiswa), maka anda dapat menggunakan data validation dari Excel.

Pada saat anda memasukkan informasi ke dalam sebuah worksheet, tentunya anda ingin memastikan bahwa data yang dimasukkan harus unik untuk satu kolom tertentu. Sebagai contoh, jika anda memasukkan data nomor faktur dalam kolom B sebuah worksheet, maka anda berkeinginan bahwa data yang dimasukkan tidak sama untuk setiap faktur atau dengan kata lain tidak boleh dua kali input.
Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini. Jika anda selalu memasukkan nomor faktur baru pada bagian akhir kolom, maka anda dapat menggunakan fasilitas data validation untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan dalam sel tersebut tidak sama dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya (yang terletak di atas sel tersebut). Cara melakukannya adalah sebagai berikut:
  1. Pilih/Sorot kolom B.
  2. Klik menu Data | Validation (untuk Excel 2003 ke bawah) atau klik Data tab pada ribbon dan kemudian Data Validation pada kelompok Data Tool (Excel 2007) untuk menampilkan Data Validation Dialog Box
  3. Dengan menggunakan pilihan Allow drop-down list, pilih Custom option.
  4. Kemudian dalam kotak Formula, masukan rumus (formula) sebagai berikut:

    =MATCH(B1,$B:$B,0)=ROW(B1)
  5. Kemudian klik tombol OK.

Selanjutnya anda bisa mengubah Pesan di layar jika mouse berada di kolom B dengan mengklik Tab Input Message untuk memberikan pesan pada user bahwa mereka tidak boleh memasukkan data yang sama dua kali. Sedangkan untuk mengubah pesan kesalahannya maka gunakan Tab Error Alert .
Berikut contoh pengaturan Input Message.(jika sel dipilih)

dan pengaturan Error Alert (pesan kesalahan entry data)

serta Tampilannya di Layar jika sel dipilih/disorot

jika data salah

Satu lagi adalah, j ika anda memasukkan data disembarang sel dalam kolom B (tidak harus dipaling bawah, dan ingin mengetahui apakah anda memasukkan telah nilai data tersebut sebelumnya maka anda dapat melakukannya dengan langkah tersebut di atas tetapi rumusnya pada langkah ke empat adalah
=COUNTIF($B:$B,b1)

EXCEL MEMASUKKAN NILAI YANG BERBEDA-BEDA DALAM SATU KOLOM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 komentar:

Post a Comment